Bunga Rafflesia Terbanyak ditemukan.


Tahukah anda apa itu Rafflesia? Apakah sama rafflesia dengan bunga bangkai? Rafflesia itu apa dan bunga bangkai itu apa sih. Nah disini kita kan mengulik itu semua menjadi satu sumber informasi untuk kita semua. Kebanyakan orang awan menyamakan rafflesia dengan bunga bangkai kalau anda berfikir demikian salah besar karena rafflesia berasal dari famili Rafflesiaceae dan merupakan tumbuhan parasit yang hidup menumpang pada tumbuhan liana (tetrastigma), sedangkan bunga bangkai  (Amorphophallus) merupakan tumbuhan yang berasal dari famili Araceae (talas-talasan) dan tidak merupakan tumbuhan parasit, dari bunga saja kita sudah bisa membedakan mana yang bunga rafflesia dan mana bunga bangkai.
Kelurahan Kemumu Bengkulu Utara tepatnya wisata alam palak siring disini kita bisa menjumpai habitat rafflesia asli real no tipu tipu tidak perlu masuk-masuk hutan tinggal jalan mengikuti jalan menuju objek wisata air terjun kita bakal menjumpai tuh yang namanya rafflesia dan perlu kita ketahui hampir tiap bulan bunga ini mekar cuma ada disini ditempat lain belum tentu kita jumpai mekar boro-boro tiap bulan setahun sekali aja belum tentu kita menjumpai karena rafflesia perlu bertahun tahun untuk menampakkan wujudnya.
Di Taman Wisata Alam Palak Siring Kemumu memiliki tiga spot utama sebagai habitat tumbuh rafflesia ini kalau mau dijelasin repot dimana aja, kalau berminat pergi silahkan kontek Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Utara (KPPLBU) mereka yang lebih mengerti spot spot dari rafflesia ini, nah waktu saya ikut surve di spot ke 3 saya terkejut karena menemukan banyak sekali rafflesia yang masih dalam betuk bongkol (kopula) totalnya setelah saya hitung berjumlah 22 bongkol mengingat rafflesia ini merupakan tumbuhan langka dan sangat susah ditemui dengan jumlah 22 bongkol ini merupakan rekor rafflesia terbanyak. 


Berbicara soal rafflesia yang ada dikemumu ahir tahun 2017 kemarin baru saja ditemukan spesies baru oleh dosen Universitas Bengkulu Jurusan Kehutanan Ir. Agus Susatya M.Sc sekaligus pakar rafflesia yang ada di Indonesia beliau menamakannya dengan nama Rafflesia Kemumu, bukan itu saja spesies baru yang telah ditemukannya juga dalah jenis Rafflesia Bengkuluensis yang mana ditemukan di Padang Guci Bengkulu Selatan, di kemumu ini sendiri memiliki tiga jenis rafflesia diantaranya R.Arnoldii, R.Gadutensis dan R.Kemumu yang rajin mekar sih si Gadutensis.
Nah buat kalaian yang penasaran ayo berkunjung ke Bengkulu sebagai anak bangsa malu dong sama orang barat yang bela-belain nabung bertahun-tahun buat biaya pergi ke Indonesia hanya melihat si bau ini. Ayo yang belum tau kesempatan besar buat tau kayak gimana wujud asli si rafflesia ini dan yang sudah berkunjung ataupun yang mau berkunjung tetap dalam koridor berkunjunglah dengan bijak selayaknya alam yang memberimu kebiajakan dan ilmu pengetahuan. Save Rafflesia. 

Comments

  1. Masyaallah ada 22. Saya pernah lihat sekali dan cuma satu bunga.

    ReplyDelete
  2. iya mba ada 22 bongkol itu masih dispot 3 belum yang di spot 1 dan 2 mba, dan kabar baiknya spesies rafflesia kemumu jenis rafflesia yang baru ditemukan, ada 2 bongkol yang lagi aktif berkembang, doakan aja dalam beberapa bulan ini mekar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts