Satu lokasi seribu sensasi di KEMUMU


Satu lokasi seribu sensi ya mungkin itu yang tergambar dibenak saya ketika saya liburan di Objek Wisata Palak Siring Kemumu, Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu , kenapa? Nah jawabannya ada dibawah jadi harus rajin baca biar nambah pengetahuan dan menjadi tau, he he he
Liburan adalah suatu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan masyarakat khusunya bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat luas. Berbicara liburan pasti identik dengan jalan-jalan nah kali ini saya berkesempatan liburan ke Bengkulu Utara Kelurahan Kemumu tepatnya di Obyek Wisata Alam Palak siring, jarak tempuh ke Kemumu sendiri berkisar satu setengah jam dari Kota Bengkulu tidak terlalu jauh bukan, disini anda akan dimanjakan dan diberi sensasi ketenangan batin pasalnya Obyek Wisata ini berada di Kawasan Hutan Lindung Boven Lais. Berbicara tentang hutan tentu identik dengan pemandangan alam dan advanture, nah apa saja yang bakal kamu temukan jika kamu berlibur di Obyek Wisata Alam Palak Siring di antaranya :

1.       Tangga Seribu Pelangi

Tangga seribu pelangi ini bakal kamu temui ketika masuk ke pintu gerbang Obyek Wisata. Tangga seribu pelangi yang dimaksud di sini adalah tangga yang katanya berjumlah seribu tapi tidak tau juga ya soalnya males ngitung banyak banget tangganya yang mana tangga tersebut diwarnai dengan warna pelangi (merah, kuning dan hijau) disepanjang perjalanan tangga anda akan dimanjakan dengan rimbunnya hutan yang membawa ketenangan dan tidak jarang kamu bakal nemuin banyak spesies burung salah satunya adalah burung rangkong yang merupakan spesies burung yang hampir punah, di tangga seribu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot berfoto pokoknya rekomended deh kalau mau foto-foto disini.

2.       Bunga Rafflesia

Nah ini ni bonus yang paling langka dijumpai sesuai dengan status bunga tersebut bunga yang langka dan ancaman kepunahannya sangat tinggi. Tidak perlu waktu jauh untuk menemuinya karena ini dapat dijumpai sembari menuruni tangga seribu pelangi tadi, dan yang paling wajib diketahui di Obyek Wisata ini adalah habitat tumbuh rafflesia yang mana terdapat 3 spot utama habitat tumbuh rafflesia salah satunya ya di tangga seribu pelangi, dilokasi ini terdapat 3 jenis rafflesia diantaranya R. Gadutensis, R. Arnoldii dan yang terahir masih hangat dan baru ditemui spesiesnya pada tahun 2017 kemarin yang dinami spesie R. Kemumu untuk mengabadikan lokasi ditemukannya. Mantap bukan moment terlangka deh kalau udah jumpai bunga rafflesia mekar hampir setiap bulan rafflesia disini mekar.


3.       Bunga Bangkai (Amorphopallus)

Disini juga kamu bakal nemui yang namanya Amorphopallus (bunga Bangkai) yang pasti berbeda ya Bunga Bangkai dengan Rafflesia, tapi tidak seberuntung dengan rafflesia yang hampir tiap bulan mekar, bunga bangkai mekar berkisar 8 tahunan jadi kalau kita bekunjung Cuma dapat melihat tumbuhan induknya.







4.       Air terjun palak siring

Pesona air terjun memang melimpah di Bengkulu salah satunya air terjun palak siring kemumu, tidak kalah indah dengan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter kurang lebih. Yang mana indahnya air terjun, jernihnya air, dipadukan dengan susunan bebatuan yang besar-besar bakal memanjakan mata anda, disini juga kita bisa mandi dan berenang tapi jaga diri ya jangan sampai hanyut he he.

5.       Bendungan Peninggalan Zaman Kolonial Belanda

Disini juga kita bakal nemui DAM peninggalan belanda yang mana masih kokoh dan sangat indah, selain dari DAM yang kita temukan kita juga bisa berenang disepanjang aliran DAM yang mana airnya jernih banget pas banget habis nuruni tangga dan jalan jalan sekitar hutan kan panas tu cocok deh buat mandi.





6.       Anggrek Tanah

Anggrek ini dikabarkan merupakan anggrek langka yang mana dapat kita temui disini tapi mata harus jeli buat nemui si anggrek ini pasalnya anggreknya tidak tumbuh dibatang pohon tapi dipermukaan tanah dan berdampingan dengan rerumputan sehingga agak susah ditemukan.






7.       Lorong Watu

Lorong watu merupakan destinasi wisata yang baru baru ini ditemukan, kenapa namanya lorong watu karena sepanjang aliran sungai yang jernih dia dipagari oleh batu batu besar banget dan banyak sekali ditemui air terjun kecil kecil sepanjang aliran. (maaf dokumentasi tidak ada dikarenakan baterai kamera habis)

8.       Berenang di Lorong Tobing

Nah disini juga menawarkan wisata air yaitu dengan cara nganyut disepanjang lorong air peninggalan belanda menggunakan ban, kira kira panjang lorongnya sekitar 200 meteran, cukup menguji adrenalin deh pokoknya, untuk sewa ban ditarif Rp. 5000,-. (maaf dokumentasi tidak ada dikarenakan baterai kamera habis)

9.       Sunset

Berbicara sunset tentu kalian membayangkan lautan luas , tapi disini berbeda kita bakal bisa melihat sunset tapi dipersawahan yang mana sawahnya memiliki pola berundak undak dengan back ground belakang pegunungan, pokonya keren deh. (maaf dokumentasi tidak ada dikarenakan baterai kamera habis)

Menarik bukan untuk liburan di Kemumu selain jalan-jalan tapi ilmu pengetahuan alam kalian akan bertambah karena kamu bakal tau jenis-jenis rafflesia, bunga bangkai (amorphopallus) yang ada disana dan masih banyak lagi, rekomended banget pokoknya Obyek Wisata Palak Siring, wisata satu paket apabila kita berlibur disini dari pagi sampai sore kita bakal dapatkan kepuasan tersendiri. Ada rencana buat berlibur ke Kemumu? Yang pasti harus ada dong siapin tabungan dan waktu kalau saran dari saya karena tidak bakal cukup kalau sehari berlibur ke sini.

Comments

Post a Comment

Popular Posts