Klasifikasi Porophyllum ruderale

Klasifikasi Porophyllum ruderale



Klasifikasi Ilmiah :
Kingdom : Plantae
(tidsak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk) : Eudikotil
(tidak termasuk) : Asteridae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Bangsa : Tagateae
Genus : Porophyllum
Spesies : Porophyllum ruderale

Porophyllum ruderale atau ketumbar bolivian merupakan tumbuhan dengan suku keneikir-kenikiran (Asteraceae), tumbuhan ini dapat dengan mudah kita temui dikehidupan sehari-hari karena tumbuhan ini hidup liar sebagai gulma, yang mana hidup menyukai pada lahan yang subur di lahan gembalaan yang kaya dengan sinar matahari contohnya dikebun, sawah-sawah, dan lapangan terbuka. Dengan ciri khas pada bunganya yang berbentuk bulat dan berkelompok dengan warna putih, waktu kecil bunga ini sering dipakai untuk mainan dengan cara meniup bunga agar bunga-bunga tersebut terbang.

Daun dan batang berwarna hijau namun bisanya juga akan ditemui dengan warna kemerahan dengan bentuk daun jorong hingga jorong bundar-telur-sungsang sedangkan pada batang banyak ditemui cabang-cabang, sedangkan bunga nya majemuk yang tersusun dalam bongkol seperti tabung yang mana biasanya terisi sekitar 30 bunga atau lebih, bunga memiliki tangkai panjang, sedangkan  buah dari porophylum ini memiliki struktur keras dengan bentuk sempit memanjang dan memiliki bulu bulu halus pada ujung buah yang mana bulu ini berfungsi untuk penyebaran buah itu sendiri bulu tersebut digunakan untuk terbang apabila tertiup oleh angin.

Catatan kaki : Soerjani, M., AJGH Kostermans danG. Tjitrosoepomo (Eds). 1987. Weeds of rice in Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.p.94-95 
http://id.m.wikipedia.org/wiki/ketumbar_bolivia&ei  


Comments

Popular Posts